Tak Berkategori

Sok Suci? Jangan Sampai, Deh.

Ada satu kisah yang cukup menarik perhatianku ketika membaca sebuah buku. Bukan sembarang kisah. Kisah ini diriwayatkan Abu Hurairah ra dari penuturan Rasulullah saw dengan sanad shahih.

Dikisahkan di antara Bani Israil, pernah hidup dua orang yang memiliki karakter amat jauh berbeda. Yang seorang ahli ibadah, sedang yang seorang lagi ahli maksiat.

Si ahli ibadah ini kerap menasihati kawannya yang ahli maksiat agar segera bertobat. Nah, suatu hari saat ahli maksiat sedang berbuat dosa, maka ditegurlah ia oleh ahli ibadah.

“Berhentilah dari berbuat dosa.”

“Jangan pedulikan aku. Terserah Allah akan memperlakukan aku bagaimana. Memangnya engkau diutus Allah untuk mengawasi aku?” Sahut ahli maksiat.

Si ahli ibadah sebal banget. Terus dia bilang dengan penuh keyakinan, “Demi Allah, dosamu tidak akan diampuni olehNya atau Dia tidak akan memasukkan kamu ke dalam surga.”

Hingga kemudian nyawa keduanya dicabut oleh Allah dan mereka pun menghadap Allah.

“Apakah kamu mengetahui daripada Aku? Ataukah kamu dapat merubah apa yang telah berada dalam kekuasaan tanganku?” Allah berfirman kepada si ahli ibadah.

“Masuklah kamu ke dalam surga berkat rahmatKu,” firman Allah kepada ahli maksiat. Setelahnya Allah memerintahkan pada malaikat untuk memasukkan ahli ibadah ke neraka.

Subhanallah. Kisah yang benar-benar mengingatkan (terutama untuk diri sendiri) agar jangan bertingkah sok suci alias merasa lebih baik dari orang lain. Karena surga dan neraka itu buat kita, yang bukan sahabat Nabi ini, masih bebas. Belum ada kaplingannya. Tugas kita hanya saling mengingatkan dan menasehati dalam kebaikan dan kesabaran. Bukan memberi vonis ini-itu. Selebihnya Allah yang menentukan.

Semoga Allah merahmati kita, aku dan kamu yang membaca ini, dan mempertemukan kita kelak di jannahNya. Aamiin ya Allah.

Image source: pixabay

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s