Tak Berkategori

Kebaikan yang Sederhana

Apakah kebaikan itu?

Jika kau tanyakan pada seekor kucing lapar, mungkin kebaikan baginya adalah tentang seseorang yang melempar beberapa potong ikan asin. Lahap dihabiskannya. Cukup mengganjal perutnya. Cukup memproduksi air susu untuk kedua anaknya.

Apakah kebaikan itu?

Jika kau tanyakan pada anak tetangga yang tak berayah lagi, mungkin kebaikan baginya adalah tentang seseorang yang menawarkan tumpangan untuknya berangkat ke Masjid hampir tiap hari.

Apakah kebaikan itu?

Jika kau tanyakan pada seorang istri yang kehabisan garam di sepertiga malam padahal ia harus menghidangkan sahur untuk keluarganya, mungkin kebaikan baginya adalah tentang tetangga yang membuka lebar pintu warung saat ia mengetuk.

Apakah kebaikan itu?

Jika kau tanyakan pada ibu dengan dua balita yang motornya mogok di tengah jalan, mungkin kebaikan itu adalah tentang orang yang lewat kemudian berhenti untuk membantu menghidupkan motornya.

Apakah kebaikan itu?

Jika kau tanyakan pada balita yang terjatuh ketika belajar berjalan, mungkin kebaikan itu baginya tentang seseorang yang dengan sigap membantunya untuk kembali berdiri.

Jadi, apakah kebaikan itu?

Kebaikan itu adakalanya menjelma dalam jejak-jejak keseharian kita. Nampak sederhana dan tanpa makna bagi kita, namun bisa jadi luar biasa istimewanya di mata Allah. Insya Allah.

Tapi bukan kebaikan, meskipun besar, jika selalu disebut-sebut sehingga menyakiti hati penerimanya.

Image source: pixabay.com

Iklan

2 tanggapan untuk “Kebaikan yang Sederhana”

  1. Indahnya mbak…kebaikan memang ada di sekitar kita dan betul akan menjadi buruk jika menyakiti penerimanya. Salam kenal πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s