Tak Berkategori

Pesantren Ramadhan Anak Usia TK

Pesantren Ramadhan di hari ketiga. Kali ini Mama menemani Husain di kelas. Duduk manis dengan buku di tangan. Maunya sih begitu.

Sebelumnya di hari pertama, Husain mau ditinggal sendiri di kelas. Tapi ada insiden kecil yang terjadi. Husain kebelet pipis. Mungkin karena dia sungkan dan bingung mau minta tolong siapa, akhirnya terjadilah insiden. Husain kayaknya malu. Dan persepsinya tentang kelas seketika berubah. Ia agak malas untuk berangkat lagi.

Di hari kedua, Tante Je menemani Husain. Sempat mogok juga di akhir karena kelelahan. Tapi alhamdulillah masih mau nulis. Di rumah dengan antusias Husain menunjukkan goresan pensilnya yang dibubuhi kalimat “barokallahu fiik” oleh Ustadzah.

Nah, di hari ketiga ini Husain menempel manja dengan Mama. Enggan berpisah. Ya begitulah. Tinggal dinikmati aja kan. Insya Allah kelak akan tiba juga saatnya Husain benar-benar sudah siap tanpa Mama.

Tapi sebenarnya kondisi di dalam kelas memang kurang kondusif. Anak-anak usia TK mana bisa duduk manis dan tenang selama kurang lebih 2 jam. Kelas pun kacau balau. Para Ustadzah benar-benar kesulitan mengendalikan anak-anak.

Kondisi ini membuat saya berpikir betapa beratnya perjuangan guru-guru di TK. Bukan hal yang mudah lho mengajari anak-anak usia segitu. Beragam tingkah lakunya. Perlu kemampuan khusus dan keterampilan spesial untuk menarik perhatian anak-anak itu.

Kemampuan khusus yang saya maksud berupa suara yang jernih dan lantang. Sehingga dengan sekali bersuara dapat merebut perhatian anak-anak seketika.

Sedangkan keterampilan spesial berupa kecakapan menguasai hal-hal yang menarik minat anak. Misalnya berkisah dengan intonasi menarik. Atau mungkin kreativitas dalam berimprovisasi dengan permainan-permainan anak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s