buku

[Review Buku] Jurnal Ibu Pembelajar

Sebuah kumpulan catatan praktek membersamai ananda untuk menyemai dan membumikan pendidikan berbasis fitrah dalam keseharian.

Pertama kali melihat iklan buku ini di salah satu WAG, aku langsung tertarik. Saat ini aku memang sedang amat sangat tertarik dengan beragam buku bernuansa parenting sih. Tanpa pikir panjang aku pun ikut PO. Menunggu buku ini sampai di tangan sebulan lebih lho. Benar-benar bikin penasaran.

Diterbitkan secara indie dengan desain sampul yang manis. Tapi layout isinya menurutku kurang rapi. Awalnya sih aku agak kecewa karena hal itu. Alhamdulillah kekecewaan itu sirna ketika mulai membaca lembar demi lembar tulisan yang tersaji. Tulisan-tulisannya bagus.

Buku Jurnal Ibu Pembelajar ini merupakan sebuah kumpulan catatan bermakna seputar keseharian para ibu dalam membersamai ananda. Melalui kegiatan sederhana yang bahkan diantaranya terjadi secara spontanitas, para ibu berusaha mengenali fitrah dan bakat ananda. Sekaligus menyelami fitrah keibuannya sendiri.

Ada empat bagian yang menjadi sorotan dalam buku ini. Bagian pertama catatan ananda di usia pra latih (0-2 tahun, 0-6 tahun). Bagian kedua usia pre aqil baligh 1 (7-10 tahun), bagian ketiga usia pre aqil baligh 2 (10-14 tahun) dan terakhir usia aqil baligh (>15 tahun). Masing-masing dilengkapi foto kegiatan ananda.

Di tengah banjir informasi beragam teori parenting, metode stimulus anak, juga gempuran modeling ibu sempurna, buku ini seakan menjadi hawa segar bagi tipe ibu seperti aku. Ibu yang labil dan agak frustasi didera banjir informasi.

Setelah membaca buku ini, aku akhirnya berada pada satu kesimpulan penting tentang bagaimana langkah ke depan membersamai anak-anakku. Bahwa anak-anak bertumbuh secara alamiah dengan fitrah dan bakatnya masing-masing. Anak-anak bisa dengan sendirinya beradaptasi di lingkungan. Tanpa intervensi berlebih dari orang tua. Tugas orang tua hanyalah lebih jeli untuk memahami dan menemukan, kemudian baru mengarahkan dan mendukung mereka.

Oya, tentu saja semua tak berlepas dari peran Allah. Allah lah yang telah mempersiapkan beragam situasi dan kondisi untuk kesempurnaan tumbuh kembang ananda. Lantas kita sebagai orang tua diserahi amanah untuk membersamainya. Tak lupa pula senantiasa diiringi doa dan harapan yang dipanjatkan hanya kepadaNya.

📖📖📖

Buku yang cakep kan? Karenanya aku pikir, buku ini layak mendapat layout lebih cakep dari yang sekarang. Mungkin full color akan menarik. Tapi harganya pasti bakal lebih mahal ya. 🤑

📎Judul buku: Jurnal Ibu Pembelajar

📎Penulis: Farda Semanggi dan Tim Kontributor

📎Penerbit: Sinar Gamedia

📎Cetakan: Pertama, Maret 2018

📎Tebal: 211 hal

📎Peresensi: @zaleha_r

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s